RELEASE

Seminar sehari “pengembangan lingkungan desa yang sehat, cerdas dan mandiri berbasis potensi loka

Admin Humas | Rabu, 11 Mei 2016 - 23:05:54 WIB | dibaca: 1906 pembaca

BPMPD Kabupaten Kupang menyelenggarakan seminar sehari dengan mengambil tema “Pengembangan Lingkungan Desa Yang Sehat, Cerdas dan Mandiri Berbasis Potensi Lokal” dengan pemateri DR. Ayub Titu Eki, PHd, yang juga Bupati Kupang, Jumat, 5 Pebruari 2016 di Kantor Bupati Kupang di Oelamasi. Seminar diikuti para Camat dan Kepala Desa serta Lurah se Kabupaten Kupang. 

Dalam sambutan pembukaan Bupati berharap melalui seminar tersebut ada  gagasan yang disampaikan yang merupakan tawaran baik bagi SKPD, Kecamatan dan desa yang dirumuskan dalam perencanaan dan dapat dikerjakan, sehingga antara omong dan kerja menjadi sinkron, “jangan sampai kita hanya omong saja tapi tidak bisa dikerjakan yang sama saja dengan omong kosong” demikian kata bupati. Lebih lanjut dikatakan melalui seminar tersebut didapatkan garis besar butir-butir kebutuhan yang pokok sehingga kita dapat mengetahui kebutuhan yang sangat penting harus dipenuhi didesa masing-masing. Selain itu melalui seminar ini didapat masukkan sebanyak mungkin sehingga waktu mereviuw RPJMDes kita siap menempatkan potensi lokal sebagai basis kekuatan untuk mendongkrak daerah kita menjadi unggul.

Selanjutnya Bupati Ayub Titu Eki dalam kapasitasnya sebagai Guru/ Dosen Memberikan pemaparan materi tunggal bagi segenap Kepala Desa, Ketua BPD dan Camat se-Kabupaten Kupang terkait dengan pengembangan lingkungan desa yang sehat, cerdas dan mandiri berbasis pangan lokal. Dalam pemaparan materi seminar tersebut, Ayub Titu Eki menyatakan bahwa ada banyak potensi yang sebenarnya dapat dimanfaatkan namun yang lebih penting lagi kita harus menyadari potensi apa yang kita miliki yang dapat kita manfaatkan.

Ada tiga tema pokok yang diangkat dalam seminar yang dipandu oleh Wakil Bupati Kupang Korinus Masneno tersebut yaitu; sehat, cerdas dan mandiri, dimana menurut para ahli yang telah merumuskan untuk menekan angka kemiskinan yaitu masalah ekonomi yang berkaitan dengan kemandirian, pendidikan yaitu cerdas dan kesehatan, yang kemudian ditambahkan dengan isu lingkungan, yang semuanya itu perlu dibicarakan dan pecahkan dalam bahasa-bahasa program ditingkat kabupaten dan desa.

Dengan mengangkat teori yang dikemukakan oleh Newton tentang gerak, Titu Eki mencoba untuk mengaplikasikan pada bidang sosial yaitu mengharapkan adanya perubahan yang besar dalam waktu yang cepat dimasyarakat. Namun diingatkan pula adanya gerakan kontra terhadap perubahan tersebut, ada lawan terhadap perubahan itu dan kita tidak boleh kecewa sepanjang untuk kepentingan masyarakat. Perubahan itu diharapkan berasal dari semua komponen masyarakat, “anda dan saya yang akan menjadi motivator dalam gerakan perubahan itu, semakin besar semakin banyak perubahan itu pasti terjadi “.

Paket perubahan ini disampai kan karena adanya tuntutan dan harapan untuk maju, adanya dana desa  adalah tuntutan pemerintah pusat untuk kita bisa berubah. Jumlah uang yang sangat banyaktersebut merupakan fasilitas untuk kita mengadakan perubahan.  Untuk itulah paket arahan ini dapat membawa kita kearah perubahan tersebut.

Kabupaten kupang merupakan daerah tertinggal tapi kita ingin menjadi kabupaten unggul yang dimuat dalam misi Pemerintah Kabupaten Unggul, untuk itu uang yang banyak harus dimanfaatkan dengan baik dan benar melalui perencanaan yang baik dan benar pula, dengan memperhatikan tantangan yang dihadapi seperti; pemanasan global, globalisasi, pasar bebas, sumber daya tersedia tapi belum dimanfaatkan  dan pola budaya konsumtif dan sikap mental harap gampang.

 Hadir pada kegiatan seminar tersebut para akdemisi dan praktisi dari perguruan Tinggi, Perbankan hingga tokoh masyarakat diantaranya Dr. Azis, Dr. Yorhans Yohanis Nome yang juga merupakan Sekjen Lembaga Pemangku Adat Kabupaten Kupang, Primus Lake, M.Si dan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Kupang










Komentar Via Website : 77
sweater keren murah
27 Desember 2018 - 00:27:42 WIB
mantap!
sweater keren kekinian
27 Desember 2018 - 00:28:05 WIB
mantap!
sweater keren murah
27 Desember 2018 - 00:28:52 WIB
mantap!
sweater sabyan termurah
01 Januari 2019 - 21:47:14 WIB
mantap!
distro programmer
13 Januari 2019 - 00:47:22 WIB
semoga sehat selalu
Usaha Sampingan
19 Agustus 2019 - 10:02:41 WIB
Usaha Sampingan
19 Agustus 2019 - 10:10:23 WIB
informasi menarik terima kasih
Awal Kembali...678 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)