RELEASE

Wabup Korinus Masneno buka Musrenbang Kabupaten Kupang Tahun 2015

MUSRENBANGKAB KUPANG TAHUN 2015

Admin Humas | Kamis, 26 Maret 2015 - 13:40:20 WIB | dibaca: 20441 pembaca

Kepala Bappeda Provinsi NTT Ir. Wayan Darmawa membacakan sambutan Gubernur NTT Frans Lebu Raya

“Semua usulan yang disampaikan dan diakomodir haruslah bersifat strategis, urgen dan memiliki daya ungkit terhadap peningkatan pendapatan masyarakat, bukan usulan yang sifatnya keinginan semata tanpa melihat program prioritas yang ada pada dokumen RPJMD, Renstra dan Renja SKPD,” Demikian sambutan Wakil Bupati Kupang Korinus Masneno saat membuka secara resmi pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Kupang, Selasa (24 Maret 2015) bertempat di Aula Pertemuan Kantor Bupati Kupang Oelamasi. Pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Kupang tahun 2015 ini mengambil tema “Meningkatkan kualitas proses dan hasil musrenbang dalam upaya pengembangan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kupang,” dan sub tema “Membangun dari desa/keluarahan pinggiran untuk mewujudkan Kabupaten unggul tahun 2019,”. 

            Hadir pada pembukaan Musrenbang Kabupaten Kupang ini Ketua DPRD Kab. Kupang Yosef Lede, Waket DPRD Prov. NTT Nelson Matara, Sekda Kab. Kupang Hendrik Paut, Kepala Bappeda Provinsi NTT Ir. Wayan Darmawa serta Forkompinda Kabupaten Kupang diantaranya Kajari Oelamasi Sharir Harahap, Ketua Pengadilan Oelamasi Bambang Setiojanarko, Kapolres Kupang Michael L.

    Dinyatakan Wabup Masneno, kegiatan Musrenbang hari ini merupakan wadah bersama membangun kesepemahaman semua pemangku kepentingan dalam rangka memadurasikan usulan Musrenbangcam dan kebutuhan masyarakat dengan rencana kerja setiap SKPD. Diharapkan  usulan ini dapat direalisasikan dalam bentuk program/kegiatan dan penganggarannya pada tahun 2016 ini. “Kegiatan Musrenbang ini diharapkan dapat menghasilkan dokumen perencanaan program dan kegiatan tahun 2016 yang pagu indikatifnya serta menjawab permasalahan yang di hadapi masyarakat. Wabup Masneno menegaskan mengingatkan dan menegaskan bahwa perencanaan selain menjawab persoalan dan kebutuhan masyarakat tetapi juga selaras dan bersinergi mulai dari program prioritas pusat, provinsi, RPJMD Kabupaten, Renstra SKPD, Renja SKPD, sampai dengan RPJMDes dan RKPDes tingkat Desa. Wabup Masneno menambahkan Pemkab Kupang terus berupaya membangun responsibilitas, kreatifitas serta inovasi sehingga setiap aspirasi yang ditampung dan diramu menjadi dokumen perencanaan pembangunan tahun (RKPD) yang diusulkan pendanaannya melalui APBD I, APBN, LSM dan lembaga internasional lainnya. Ini semua dilakukan untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Kupang agar dapat keluar dari ketertinggalan. “Saya yakin dengan gotong royong dan partisipasi semua pihak maka percepatan pembagunan dapat terwujud,” ungkap Masneno. Pemerintah Kabupaten Kupang telah mencanangkan beberapa kebijakan inovasi daerah yang bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki kesejahteraan masyarakat melalui penguatan ekonomi rakyat, yang diwujudkan dalam bentuk gerakan tanam paksa paksa tanam melalui kebun gizi dan kebun lestari. Diharapkan gerakan ini dapat memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan setiap jengkal halaman dan pekarangan serta potensi yang ada agar menjadi produktif.

     Terkait dengan usulan masyarakat, Mantan Asisten II Setda Kab. Kupang ini menyatakan bahwa sebagian besar masih berfokus pada bidang infrastruktur seperti pembangunan/rehabilitasi jalan, jembatan, bendung, embung, daerah irigasi, sedangkan pada bidang ekonomi masih berkisar pada sarana prasarana pertanian, peternakan dan perikanan seperti bibit sapi, bibit tanaman, benih ikan, pupuk, handtraktor, modal usaha, pelatihan tenaga kerja. Sementara untuk bidang pendidikan dan kesehatan masih dibidang pembangunan sekolah, puskesmas, pustu didesa, sampai kepada permintaan penambahan tenaga pendidik yakni guru PNS dan tenaga kesehatan meliputi dokter, bidan dan perawat. “Kepada pimpinan SKPD saya wajibkan untuk memantau dan mengawal implementasi kebijakan-kebijakan tersebut agar memberikan daya ungkit yang signifikan dalam memperbaiki taraf hidup masyarakat didaerah ini,” tegas Wabup Masneno.

    Gubernur NTT yang diwakili Kepala Bappeda NTT Ir. Wayan Darmawa dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan Musrenbang bertahap mulai dari Desa, Kecamatan hingga tingkat Kabupaten yang tentunya akan dilanjutkan sampai ketingkat Provinsi NTT dan tingkat Nasional. Dikatakan semua usulan yang masuk tentu akan dilihat skala prioritasnya, mana yang penting, mana prioritas dan mendesak sehingga harus direalisasi. Dikatakan Wayan, Gubernur NTT mengapesiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kupang dalam mendukung 8 agenda pembangunan provinsi NTT dan mendukung 4 tekad pembangunan yakni menjadikan NTT provinsi ternak, Provinsi Jagung, Provinsi Koperasi dan Provinsi cendana. “Tentu kolaborasi semua elemen masyarakat dan pemerintah Kab/Kota dengan pemprov dapat mewujudkan kemajuan pembangunan yang kita inginkan,” Ungkapnya. Disampaikannya bahwa lokus pembangunan saat ini difokuskan dan dititik beratkan pada pembangunan di Desa. Untuk itu Pemprov NTT melalui APBD I memfokuskan anggaranya untuk masyarakat Desa di Kab/kota yang ada di NTT melalui Program Desa Mandiri Angggur Merah yang sering dikenal dengan nama DEMAM. Dikabupaten Kupang sendiri disampaikan Wayan telah mendapatkan sentuhan anggaran DEMAM sebanyak 90 an desa. Tentu apa yang telah dilakukan oleh pemprov seiriama dengan kebijakan Pemerintah pusat dibawah pimpinan Presiden Joko Widodo untuk membangun dari desa/keluarahan pinggiran. Dalam penganggarannya juga sebagian besar difokuskan pada pembangunan-pembangunan di desa melalui UU tentang Desa dimana pemdes diberika alokasi dana khusus untuk pembangunan di desa. “Diharapkan anggaran Desa ini dapat digunakan dengan baik dan menunjang kemajuan pembangunan didesa. Anggaran ini desa ini dapat digunakan untuk menunjang berbagai kegiatan pembangunan didesa salah satunya ialah pembangunan dibidang pendidikan” Tegas wayan.

    Ketua DPRD Kabupaten Kupang Yosef Lede mengatakan bahwa DPRD mempunyai kewajiban untuk mengakomodir semua kebutuhan masyarakat dengan terus membangun komunikasi dengan Pemerintah. Dinyatakan Lede, kondisi Kabupaten Kupang yang masih terkategori tertinggal merupakan tantangan bersama untuk berusaha sekuat tenaga bangkit dan keluar dari ketertinggalan. Yosef Lede sangat mengharapkan Pemda sebagai garda terdepan terus melakukan program dan kegiatan-kegiatan yang berfokus kepada masyarakat sebagai fokus pembangunan. “Perencanaan yang matang pasti menghasilkan APBD yang berkualitas,” ungkap Ketua DPRD Kabupaten Kupang periode 2014-2019. Kepada masyarakat, Lede meminta agar memberikan dukungan, evaluasi terhadap program pemerintah dan memberikan usulan yang prioritas dan berkualitas dalam penentuan perencanaan pembangunan di Daerah ini. Lede pada kesempatan tersebut juga menyatakan dukungannya terhadap gerakan tanam paksa, paksa tanam yang dicanangkan pemerintah Kabupaten Kupang dalam menggerakkan masyarakat memanfaatkan lahan-lahannya untuk ditanami demi peningkatan taraf hidup masyarakat kearah yang lebih baik.           

   Ketua Panitia Musrenbangkab Dju Y.A. Mauitz dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbangkab dilaksanakan selama 2 hari yang diikuti oleh para Camat dari 24 Kecamatan beserta perwakilan masyarakat dari 24 Kecamatan, NGO, LSM, serta SKPD lingkup Pemkab Kupang. Pelaksanaan Musrenbangkab ini didasarkan pada UU No. 25 Tshun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 8 Tahun 2008 tentang tahapan tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah. Beragam kegiatan dalam musrenbang ini diantaranya acara pembukaan oleh Wakil Bupati Kupang, Pemaparan dari pemateri antara lain Ketua DPRD Kab. Kupang Yosef Lede, Kepala Bappeda NTT Ir. Wayan Darmawa, Kajari Oelamasi Syahrir Harahap, Diskusi Kelompok bersama masyarakat dan SKPD. 










Komentar Via Website : 910
obat herbal penyakit demam berdarah tanpa efek samping
30 Mei 2017 - 14:11:03 WIB
Terimakasih informasinya http://goo.gl/aZisbK
obat herbal penyakit gagal ginjal tanpa efek samping
31 Mei 2017 - 14:14:40 WIB
terimakasih informasinya http://goo.gl/jSLZW4
obat tradisional penyakit stroke terbukti ampuh
03 Juni 2017 - 12:04:26 WIB
Terimakasih informasinya http://goo.gl/VHokB5
obat penyakit jantung koroner terbaik dan mujarab
08 Juni 2017 - 14:04:18 WIB
terimakasih informasinya http://goo.gl/qzqA6r
obat herbal kanker serviks paling ampuh
14 Juni 2017 - 12:13:44 WIB
terimakasih inforrmasinya, semoga bermanfaat http://goo.gl/Sosxck
gamat emas kapsul
26 September 2017 - 18:52:58 WIB
tetap semangat terus untuk menjadi lebih baik lagi http://goo.gl/7GMqTa | https://goo.gl/fDcp92
Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan Dengan Cepat
06 November 2017 - 13:32:54 WIB
Awal Kembali...899091 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)