INFORMASI UMUM

MALAM RENUNGAN AIDS NUSANTARA 2016

Admin Humas | Senin, 20 Juni 2016 - 14:57:55 WIB | dibaca: 2805 pembaca

Lembaga Pengembangan Masyarakat Madani (LPMM) berkerjasama dengan Child Fun, Komisi Penanggulangan AIDS, Kemensos RI menyelenggarakan malam renungan AIDS Nusantara tahun 2016 yang diikuti lebih dari 800 Tokoh masyarakat, Masyarakat umum, mahasiswa dan pelajar, Selasa (7/6-2016) Bertempat di Lapangan SMA Reformasi Tarus.

             Malam renungan AIDS Nusantara Tahun 2016 tersebut mengambil tema “Support The Future” dan sub tema “Jaga diri, jaga teman dan jaga NTT dari bahaya HIV dan AIDS serta tolak diskriminasi terhadap ODHA,” diselenggarakan guna melindungi kaum muda khususnya remaja dari bahaya HIV dan AIDS. Selain itu melalui malam renungan tersebut masyarakat disadarkan untuk tidak menolak dan melakukan sikap diskriminasi terhadap orang yang terkena HIV dan AIDS. Demi menggugah hati peserta yang hadir, beragam acara dilaksanakan diantaranya renungan bersama terkait bahaya dan dampak penularan HIV Aids, Performa teater tentang HIV dan AIDS, pembakaran lili dan orasi serta penandatangan kartu  komitmen bebas HIV dan AIDS serta Non Diskriminasi terhadap ODHA. Malam perenungan ini turut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Kupang mewakili Pemda Kabupaten Kupang Drs. Hendrik Paut, M.Pd, Zona Manager Child Fun Indonesia Timur Chandra Dethan, Koordinaitor LPMM Silvester Seno, Koord KPA Gusti Preon.

          Sekda Kabupaten Kupang Drs. Hendrik Paut saat menyampaikan sambutan mewakili Bupati Kupang menyatakan bahwa untuk mengatasi hiv dan aids membutuhkan penanganan atas faktor – faktor yang memicu timbulnya epidemik ini termasuk kesenjangan sosial dan ketidakadilan. Faktor penghalang berupa adanya stikma, ketidaksetaraan gender dan pelanggaran hak- hak azasi manusia perlu disikapi secara bersama. Hal lain yang muncul akibat ketidakadilan yang ditimbulkan oleh hiv dan aids seperti anak – anak yang kehilangan orang tua dan hilangnya sumber daya dan institusi.semuanya ini merupakan tantangan besar yang membutuhkan tindakan penanganan yang besar pula. Ditambahkannya khusus kasus hiv dan aids di kabupaten kupang berdasarkan laporan dari dinas kesehatan kabupaten kupang dari maret 2006 s/d oktober 2015 telah mencapai 100 orang, terdiri dari penderita hiv 51  orang, penderita aids 49 orang dan yang meninggal 21 orang.dari jumlah tersebut diatas lebih banyak yang menderita hiv dan aids adalah laki – laki  62.5 % dan perempuan 39.5 %.    Untuk itu melalui Kegiatan malam renungan aids  nusantara  Sekda Hendrik harapkan dapat memberi pesan yang sangat mendalam bagi  kita semua untuk membicarakan isyue hiv dan aids di komunitas masing – masing termasuk kita disini, saat ini dan di tempat ini.  

          Dirinya mengharapkan ada kolaborasi antara instansi pemerintah maupun LSM yang  saling berkoordinasi dan kerja sama maupun merefleksi untuk terus memberi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat terkait program penanggulangan hiv dan aids.

          Zonal Manager Child Fund Chandra Dethan dalam pesan-pesannya mengatakan melalui renungan ini semakin menyadarkan akan pentingnya kebersamaan semua pihak dalam menanggulangi penyebaran HIV dan AIDS. Peran remaja sebagai fasilitator sebaya juga perlu ditingkatkan untuk mengkampanyekan kesehatan reproduksi, antisipasi bahaya infeksi menular sexual, hiv dan aids  di forum anak  dan forum remaja/ pemuda/i perlu digalakkan ke depan, termasuk integrasi kurikulum kesehatan reproduksi dalam dunia pendidikan baik sltp,slta dan perguruan tinggi. Dirinya juga mengajak semua elemen jangan menolak para penderita HIV dan AIDS karena mereka sangat membutuhkan perhatian dan uluran tangan masyarakat umu. “Kita tolong mereka tidak perlu dengan harta tetapi dengan hati,” Ajak Chandra kepada semua peserta renungan.

          Anjelitus Ola selaku ketua malam renungan AIDS Nusantara Tahun 2016 mengajak semua pihak untuk peduli terhadap mereka yang terjangkit HIV dan AIDS. Dikatakannya mari kita benci dan jauhi perbuatannya tetapi rangkul dan tolong orangnya. Dirinya berharap melalui kegiatan malam ini masyarakat khususnya para pelajar dan mahasiswa dapat paham bahaya virus HIV dan AIDS dan mengetahui penyebabnya yakni pergaulan bebas, Suntikan Narkoba dan sebagainya, sekaligus memiliki kesadaran untuk menerima mereka yang sudah terkena dan menolong mereka.










Komentar Via Website : 283
Obat Katarak Tradisional Paling Ampuh
04 Oktober 2017 - 09:20:44 WIB
Obat Katarak Tradisional Paling Ampuh >>>>>> http://goo.gl/2stwui
Obat Flek Paru Paru Di Apotik Kimia Farma
07 Oktober 2017 - 08:58:18 WIB
Obat Flek Paru Paru Di Apotik Kimia Farma >>> http://goo.gl/1a17Uc
Walatra Zedoril 7
11 Oktober 2017 - 09:25:28 WIB
Walatra Zedoril 7 >>>>>>>> http://goo.gl/yjYfha
Obat Tulang Retak Di Apotik
11 Oktober 2017 - 12:18:21 WIB
Tulang Retak Obati dengan ini >> http://goo.gl/aZKrjm
Khasiat Dan Manfaat Walatra Sehat Mata Softgel
12 Oktober 2017 - 15:56:11 WIB
Khasiat Dan Manfaat Walatra Sehat Mata Softgel >> http://goo.gl/CL2VGK
Obat Syaraf Kejepit Di Apotik Kimia Farma
14 Oktober 2017 - 16:19:45 WIB
Obat Syaraf Kejepit Di Apotik Kimia Farma >>>> http://goo.gl/ay1xqm
Obat Ispa Di Apotik
19 Oktober 2017 - 10:38:54 WIB
penyakit ispa >> http://goo.gl/mxGzpd
Cara Mengecilkan Amandel Yang Sudah Besar
24 Oktober 2017 - 09:55:02 WIB
Cara Mengecilkan Amandel Yang Sudah Besar >> http://goo.gl/MXgv8m
cara menyembuhkan tbc kronis
01 November 2017 - 10:01:15 WIB
terimakasih banyak https://goo.gl/GVwkPT


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)