INFORMASI UMUM

Dibuka Secara Resmi Oleh Asisten I Setda Kabupaten Kupang Johanis Lakapu

DUSUN BESINAPIT DESA TIMAU POTENSI PEMBERDAYAAN KOMUNITAS ADAT TERPENCIL (KAT)

Admin Humas | Rabu, 26 Agustus 2015 - 10:47:55 WIB | dibaca: 14053 pembaca

Dalam rangka memberdayakan komunitas adat terpencil yang selama ini diidentikkan dengan ketertinggalan dan keterbatasan yang jauh dari hidup layak, pakar pendidikan dari Universitas Nusa Cendana Kupang yang dipimpin oleh Dr. Iknasius dan pakar lainnya diantaranya Bpk.  Paul melakukan studi kelayakan di Dusun Besinapit Desa Timau Kecamatan Amfoang Barat Laut untuk menjadi desa yang dapat diberdayakan. Atas dasar itu, selasa (25/08-2015) bertempat di Aula Kantor Bupati Kupang Oelamasi dilangsungkan kegiatan Semiloka Daerah Hasil Studi Kelayakan PA/SK Calon Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Dusun V Besinapit Desa Timau Kecamata Amfoang Barat Laut kerjasama dengan Dinas Sosial Provinsi NTT dan Dinas Sosial Kabupaten Kupang.

Yosmina Tanesi, warga dusun Besinapit mewakili masyarakat lainya mengapresiasi langkah Pemerintah melalui Dinas Sosial Provinsi NTT dan Kabupaten Kupang kerjasama dengan Civitas Universitas Nusa cendana yang memilih dusun besinafit menjadi dusun terpilih untuk mendapatkan perhatian khusus melalui program pemberdayaan komunitas adat terpencil. Dirinya sangat berharap agar melalui pemberdayaan dusun Besinafit akan semakin mengalami perkembangan terkhusus yang sangat diharapkan masyarakat ialah pembangunan infrastruktur jalan dan sarana pendidikan seperti sekolah.  Sementara salah satu peserta Semiloka Stefanus Bessie mengharapkan agar pemberdayaan KAT didusun Besinapit yang akan mendapatkan sentuhan kemajuan tidak menghilangkan keaslian budaya dan kultur masyarakat sehingga akan menjadi daya tarik/ kekhasan masyarakat besinapit seperti halnya suku badui di Jawa ataupun suku Boti di Kabupaten TTS.

Iknasius S. Ketua Tim study kelayakan komunitas adat tertinggal (KAT) dalam paparannya mengatakan  permasalahan utama yang dihadapi dusun Besinapit ialah keterisolasian yang dialami masyarakat secara budaya. Hal ini diakibatkan wilayahnya yang terpencil dan sangat jauh dari perkumpulan masyarakat dan fasilitas sosial seperti Sekolah, Pustu. Sejak tahun 1990an hingga kini Dusun Besinapit hanya mempunyai 15 rumah semi permanen dan selebihnya rumah sederhana di areal perbukitan. “Sangat diharapkan lewat semiloka ini ada titik terang untuk menjadikan dusun Besinapit menjadi daerah pemberdayaan,” Ungkap Dosen Universitas Nusa cendana tersebut.

 

Asisten I Setda Kabupaten Kupang Johanis Lakapu dalam sambutannya kala membuka kegiatan Semiloka ini menyatakan bahwa salah satu tugas pemerintah ialah membawa masyarakatnya mengalami kemajuan baik dalam hal fisik pembangunan maupun sosial budayanya. “Pemerintah merupakan fasilitator perubahan hidup masyarakat dengan menggerakkan masyarakat memiliki hidup kearah yang lebih baik lagi,” tegasnya. Terpilihnya Dusun besinapit sebagai calon pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) merupakan sebuah upaya bersama demi membangun daerah-daerah yang masih terisolir untuk mendapatkan sentuhan kemajuan. Dirinya sangat mengharapkan ada kolaborasi setiap unsur, mulai dari SKPD, bahkan Pemerintah Kecamatan dan Desa demi memajukan dusun dan desa yang ada di Kabupaten Kupang. Tidak lupa Lakapu meminta kepada para Camat dan Kades yang datang bertugas ke Kupang menyempatkan diri untuk berkonsultasi ke SKPD-SKPD teknis agar bertukar pikiran dan mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi dilapangan. “Bantuan itu dapat melalui program-program SKPD maupun lewat peluang-peluang bantuan dari pemerintah pusat,” tegas mantan Kaban BPMD tersebut.   

Turut hadir pada acara semiloka tersebut Kadis Sosial Kabupaten Kupang Ibrahim Humau, Kabid Pemberdayaan Dinas Sosial provinsi NTT Linus Kopong Dore, Camat Amfoang Barat Laut Isai Musus serta perwakilan masyarakat Desa Timau.










Komentar Via Website : 1170
JELLY GAMAT QNC
24 November 2016 - 12:56:26 WIB
Semoga bermanfaat http://gamatqnctasik.com Terimkasih
obat dispepsia yang aman untuk semua usia
25 November 2016 - 10:23:00 WIB
terima kasih gan
https://goo.gl/dcLQRa
cara menyembuhkan infeksi telinga secara alami
13 Desember 2016 - 10:46:39 WIB
Terimakasih banyak atas informasinya pak admin

https://goo.gl/jm7LrB
bri internet banking
03 Maret 2017 - 10:16:22 WIB
bagus sekali artikelnya

https://goo.gl/aaoF1j
Awal Kembali...115116117 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)