RELEASE

DIbuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Kupang Drs. Hendrik Paut, M.Pd

SOSIALISASI DAN PELATIHAN SISTEM KEWASPADAAN PANGAN DAN GIZI (SKPG)

Admin Humas | Senin, 24 Agustus 2015 - 21:47:32 WIB | dibaca: 2530 pembaca

Sekda Hendrik Paut pose bersama para peserta Sosialisasi

Jumat, 21 Agustus 2015 bertempat di Aula Kantor Bupati Kupang Oelamasi, Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang Drs. Hendrik Paut, M.Pd membuka secara resmi kegiatan sosialisasi dan pelatihan Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) Kabupaten Kupang Tahun 2015 yang diikuti oleh tenaga kesehatan, penyuluh lapangan dilingkup Pemkab Kupang. Kegiatan yang diselenggarakan Pemkab Kupang kerjasama dengan The United Nations World Food Programme (UN-WFP) ini membahas materi terkait peraturan Menteri Pertanian/ Ketua Harian Dewan Ketahanan Pangan No:43/Permentan/OT.140/7/2010 Tentang Pedoman Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi.

            Sekda Hendri Paut dalam sambutannya mengatakan bahwa masalah pangan dan gizi merupakan 2 hal yang berbeda tetapi tidak dapat dipisahkan karena keterbatasan pangan berbicara kurangnya ketersediaan pangan yang ada ditengah-tengah masyarakat dan dampaknya sangat fatal bagi kehidupan masyarakat. Sementara masalah gizi pun merupakan sesuatu yang penting untuk diatasi karena apalah artinya masyarakat memiliki pangan yang banyak tetapi nilai gizinya kurang.  “Tentu makan sedikit dengan nilai gizi besar lebih baik daripada makan banyak tetapi nilai gizinya kecil,” ungkapnya. Lebih lanjut ditambahkan Sekda Paut dalam upaya mengatasi kerawanan pangan di Kabupaten Kupang sangat diperlukan peran serta setiap elemen masyarakat mulai dari SKPD, pemerintah kecamatan/ desa-Keluarahan dan masyarakat itu sendiri dalam rangka memberikan informasi data yang tepat terkait dengan kondisi masyarakat baik itu dari segi lahan, baik yang sudah di kelola maupun yang belum, kondisi masyarakat sehingga benar-benar dapat meminimalisir kerawanan pangan dan kekurangan gizi secara baik.

Sekda Hendrik menandaskan bahwa koordinasi lintas sektor antar SKPD sangat diperlukan, dan kiranya melalui rekonsiliasi data ini membangun sebuah hubungan yang  harmonis dan saling terikat bersama dalam rangka merevitaslisasi data secara baik. saya sangat mengharapkan kedepan kita membuat data yang benar-benar terukur, detail dan valid sehingga potensi pangan yang diperlukan masyarakat dapat terdata sekaligus potensi lahan yang dapat dikembangkan dapat juga terdata. Saya harapkan pertemuan kali ini dapat memberikan gambaran ketersediaan pangan, indikator kategori rawan pangan didata secara maksimal. Tidak kalah penting ialah bagaimana kita membantu masyarakat agar pola pikirnya berubah dengan metode pengembangan lahan yang hanya orientasi konsumsi untuk diri sendiri menjadi orientasi pasar. “Ini perenungan kita bersama bagaimana kita mengatasi persoalan pangan dari aspek data dan fakta secara benar dan dapat diantisipasi bersama,” tegas Sekda Paut.

Sementara itu Kepala Kantor WFP Kupang Blandina R. Bait dalam laporanya mengatakan bahwa pedoman sistem kewaspadaan pangan dan gizi (SKPG) merupakan pedoman sistem monitoring yang meliputi serangkaian proses untuk mengantisipasi kejadian kerawanan pangan dan gizi melalui pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan, analisis dan penyebaran informasi situasi pangan dan gizi.   

Turut hadir pada kegiatan tersebut pejabat dilingkup Pemkab Kupang diantaranya Sekretaris Dinas Kesehatan Ny. Mujiarti, Kabag Ekonomi Merlin Bureni.    










Komentar Via Website : 136
http://slimmingcapsuleasli.web.id/obat-pengecil-payudara-di-apotik
26 Agustus 2015 - 09:09:07 WIB
informasi yang sangat luar biasa dan dapat di simak barokalloh http://slimmingcapsuleasli.web.id/obat-pengecil-payudara-d i-apotik/
jelly gamat gold g
26 Agustus 2015 - 11:11:07 WIB
Teh Obat Herbal Untuk Melancarkan Buang Air Besar
26 Agustus 2015 - 12:36:39 WIB
Terima kasih.. https://obatmelancarkanbab.wordpress.com/2015/08/26/teh-ob at-herbal-untuk-memperlancar-buang-air-besar/ https://goo.gl/QWlqA7 :)
Jual Dipan Murah Online
26 Agustus 2015 - 23:25:30 WIB
info yang sangat bagus dan bermanfaat
Divan Bagus Indonesia
26 Agustus 2015 - 23:31:33 WIB
sip deh artikel nya min
Divan Bagus Indonesia
26 Agustus 2015 - 23:37:07 WIB
keren bro artikel nya
Divan Triplek Bagus Indonesia
27 Agustus 2015 - 01:34:26 WIB
sukses terus buat artikel nya
Jual Crystal X Asli
07 September 2015 - 20:36:28 WIB
informasi yang baik dan berguna
Pengobatan Alami Usus Buntu Secara Alami
15 September 2015 - 15:44:27 WIB
Terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini dan saya tunggu informasi selanjutnya.
AwalKembali 123... 14 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)