APEL KEKUATAN - APEL KESADARAN

Pemberian dana bergulir sebesar 300 juta/desa

PROGRAM DESA UNGGUL DAN MANDIRI SEJAHTERAKAN MASYARAKAT

Beni Selan | Rabu, 05 November 2014 - 10:19:30 WIB | dibaca: 4010 pembaca

Sekda pose bersama masyarakat Penerima Bantuan Rumah Sehat- Program Desa Unggul Mandiri

Berbagai upaya percepatan kemajuan pembangunan masyarakat dilakukan oleh Pemkab Kupang diantaranya melalui program-program strategis diantaranya Program Desa Unggul dan Mandiri (DUM). Program Desa Unggul dan Mandiri merupakan program berupa pemberian dana bergulir sebesar 300 juta/desa bagi masyarakat di Kabupaten Kupang yang telah dilaksanakan sejak tahun 2011 lalu.

 

Dana yang dikucurkan lewat DUM ini memiliki 2 sasaran pembangunan yakni dana pemberdayaan sebesar 250 juta untuk pengembangan ekonomi masyarakat yang disesuaikan dengan potensi yang ada pada daerah tersebut. Selain itu anggaran sebesar 50 jutanya (berupa dana hibah) digunakan untuk pembangunan rumah sehat sederhana bagi masyarakat yang tidak mampu dan belum memiliki rumah layak huni.
Untuk melihat perkembangan dan efektifitas program ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang Drs. Hendrik Paut, M.Pd, Jumat (26 September 2014) melakukan pemantauan langsung di beberapa Desa yang ada di Amfoang di antaranya Desa Oelbanu Kecamatan Amfoang Selatan, Desa Letkole Kecamatan Amfoang Barat Daya dan Desa Oelfatu Kecamatan Amfoang Barat Laut. Dalam arahannya saat berjuma masyarakat, Sekda Paut mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan anggaran DUM ini secara baik dan tepat guna sehingga memberikan hasil yang baik dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dikatakan Sekda Paut beberapa langkah penting dalam pelaksanaan program DUM yang berhasil ialah Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. “Jika dikerjakan dengan baik sesuai aturan dan melalui tahapan yang benar tentu akan memberikan hasil yang memuaskan,” ujar Paut. Dirinya berpesan agar kelompok juga dengan tekun melaksanakan aktifitasnya secara baik dan diikuti dengan mekanisme administratif yang benar sehingga proses pelaksanaan DUM ini berjalan secara transparan.
            Terkait dengan kunjungannya hari ini, Sekda mengatakan sebagai bagian dari evaluasi lapangan yang bertujuan melihat secara langsung sejauh mana keberhasilan program DUM ini dilapangan. “Kita tidak hanya duduk dapat laporan tetapi melihat langsung kerja masyarakat di lapangan, bagimana masyarakat memanfaatkan dana ini secara baik,”. Sekda Paut mengharapkan Program Desa Unggul dan Mandiri menjadi model program pemberdayaan masyarakat yang dinamis dan menjadi contoh.  “DUM merupakan program bersama karena didalamnya ada sinergi yang baik antara Pemerintah dan Masyarakat yang dimulai dari Pemkab, Kecamatan, Desa dan kelompok sehingga tujuan kemajuan kehidupan masyarakat dapat terwujud,” kata Paut. Diakhir kunjungannya Sekda Paut mengapresiasi masyarakat yang telah berusaha dengan tekun dan memiliki semangat untuk maju.
            Sementara Itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Kupang Johanis Lakapu mengatakan pelaksanaan Program DUM yang telah dimulai sejak tahun 2011 hingga tahun 2014 ini sudah menyentuh 79 Desa diKabupaten Kupang. Masyarakat umumnya merespon positif program ini dan berharap agar dapat terus dilanjutkan.  Terkait dengan kegiatan apa saja yang dapat dikerjakan masyarakat melalui DUM, Lakapu menyatakan semua diserahkan kepada keinginan masyarakat dan pastinya harus disesuaikan dengan potensi yang ada di Desa tersebut. “Sebagai contoh wilayah Amfoang mempunyai potensi peternakan maka masyarakat memilih untuk beternak sapi saja,” Ungkap Lakapu.
            Ketua Kelompok 3 Desa Oelbanu Kecamatan Amfoang Selatan Daniel Tapataf menilai kebijakan Pemerintah melalui DUM sangat membantu masyarakat. Melalui anggaran DUM, dirinya bersama anggota kelompok yang lain dapat memiliki modal beternak sapi. “Hasil ternak setelah dijual,  selain dapat digunakan untuk menyetor uang modal DUM kelebihannya dapat juga digunakan mengembangkan usaha beternak. Sebagai masyarakat kami sangat mengharapkan bantuan DUM ini dapat terus digulirkan bagi masyarakat sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat.
            Sementara Gabriel Naitek, Kepala Desa Letkole Kecamatan Amfoang Barat Daya ketika diwawancarai mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemkab Kupang yang telah memberikan bantuan DUM didesanya. Selaku Kepala Desa dirinya merasakan betul manfaat bantuan ini dimana masyarakat yang tidak mampu dapat memiliki rumah yang layak huni. “ secara manusia kami prihatin dengan masyarakat yang rumahnya sudah tidak layak huni, namun kamipun masih terbatas. Tetapi syukur melalui bantuan DUM ini, masyarakat dapat membangun rumah yang lebih layak,” ungkap Naitek.










Komentar Via Website : 113
obat tradisional keputihan
31 Maret 2015 - 08:11:22 WIB

Masih seperti saat pertama saya berkunjung kesini, situsnya tetap ramai. Pengelolanya benar-benar profesional. Sip banget bos.
http://goo.gl/apMYgf
http://gg.gg/obatcrystalx r
http://goo.gl/zJzBnu
cara menghilangkan keputihan pada wanita
31 Maret 2015 - 08:11:43 WIB

Masih seperti saat pertama saya berkunjung kesini, situsnya tetap ramai. Pengelolanya benar-benar profesional. Sip banget bos.
http://goo.gl/apMYgf
http://gg.gg/obatcrystalx r
http://goo.gl/zJzBnu
obat gagal ginjal herbal
11 Mei 2015 - 19:42:58 WIB

Terimakasih banyak untuk berita yang sudah anda sajikan. Semoga beritanya bermanfaat!
Senang berkunjung ke website anda. http://obatherbalkankerhati.net/305/obat-gagal-ginjal-herb al/
Obat Malaria Herbal
12 Mei 2015 - 08:08:53 WIB
Selamat Pagi, sehat selalu untuk admin! Terimakasih atas info dan seputar beritanya http://obatherbalkankerhati.net/499/obat-malaria-herbal/

Obat jantung korener herbal
12 Mei 2015 - 10:43:37 WIB
Selamat siang min, semoga sehat selalu, terimakasih atas info dan beritanya
http://obatherbalkankerhati.net/538/obat-peny akit-asma-herbal/
Obat Penyakit alzheimer herbal
12 Mei 2015 - 15:55:16 WIB
selamatsore, terimakasih atas semua info beritnya http://obatherbalkankerhati.net/86/obat-penyakit-alzheimer -herbal/
Obat kanker hati
13 Mei 2015 - 14:27:08 WIB
Selamat siang, Terimakasih atas semua sajian beritanya, senang bisa berkunjung kesini
http://obatherbalkankerhati.net/

Obat Kanker Lidah Alami
14 Mei 2015 - 10:53:45 WIB
Selamat siang, terimakasih atas infonya
http://obatherbalasma.com/49/obat-kanker-lidah- alami/
Obat Darah Tinggi Alami
15 Mei 2015 - 14:30:06 WIB
Selamat siang, terimakasih atas semua info dan beritanya
http://obatherbalasma.com/67/obat-darah-tinggi-alami/
Obat Tipes (Tifoid) Herbal
20 Mei 2015 - 13:01:29 WIB
Selamat Siang, terimakasih atas info dan seputar beritanya.. sukses terus !! http://acemaxsherbaltasikmlaya.blogspot.com/2015/05/obat-t ipes-tifoid-herbal.html
AwalKembali 123... 12 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)