RELEASE

Penutupan Musrenbangcam Kabupaten Kupang

MUSRENMBANGCAM AKOMODIR KEBUTUHAN SKALA PRIORITAS

Admin Humas | Rabu, 11 Maret 2015 - 11:12:52 WIB | dibaca: 2322 pembaca

“Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan di Kabupaten Kupang yang telah dilaksanakan secara baik di 24 Kecamatan hendaknya selaras dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terkait bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, Infrastruktur dasar menjadi prioritas utama,” demikian disampaikan Wakil Bupati Kupang Korinus Masneno saat menutup Musrenbangcam Kabupaten Kupang di Kecamatan Kupang Barat, Senin (23/02-2015).

 

Ditambahkan Wabup Masneno, persoalan mendasar yang dihadapi di Kabupaten Kupang berhubungan dengan masalah kemiskinan, ketertinggalan, dan masalah implisitas yang masih memprihatinkan. Tentu ini menjadi pergumulan kita bersama dengan membuat solusi konstruktif yang tepat dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat seperti investor, LSM, Lembaga Internasional dan NGO. Hal penting lainnya ialah peran dari semua elemen masyarakat untuk  bergerak dan bertindak terhadap proses pembangunan, jangan lagi kita menanti dan berharap saja tetapi perlu menumbuhkan inisiatif dari diri sendiri untuk segera keluar dari belenggu kemiskinan terutama bagaimana merubah pola pikir masyarakat kearah pola pikir produktif. “Tinggalkan pola pikir yang konstruktif serta tumbuhkembangkan semangat gotong royong, musyawarah dan mufakat dalam kegiatan pembangunan,” tegas Wabup Masneno.        

Wabup Masneno menyadari kecilnya anggaran yang tersedia menyebabkan intervensi pembangunan terhadap semua usulan masyarakat harus dilakukan secara bertahap. Hal ini tentu  belum mampu memuaskan kita masyarakat diseluruh kecamatan. Untuk itu, Pemkab Kupang terus melakukan terobosan dengan membangun komunikasi dengan Pemerintah Provinsi lewat pendanaan melalui APBD I dan APBN sehingga usulan masyarakat dapat tetap direalisasikan bertahap. Sementara terkait dengan revitaslisai program pembangunan, Pemerintah Kabupaten Kupang mengawal usulan masyarakat tersebut dengan melakukan pendekatan pembangunan berbasis kewilayahan agar ada kesetaraan dalam pelaksanaan pembangunan yang diwujudkan melalui APBD Kabupaten Kupang, alokasi dana desa (ADD) maupun melalui Program Desa Unggul Mandiri. Kendati demikian, Wabup Masneno mengajak masyarakat untuk bersyukur karena banyak agenda Pemerintah pusat yang mengintervensi berbagai sektor kehidupan masyarakat diantaranya melalui program kedaulatan pangan, kedaulatan pertanian, pengembangan usaha produktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan juga program indonesia pintar dan indonesia hebat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakt. “Ini merupakan peluang yang harus dimanfaatkan sebagai peluang dalam mempercepat pembangunan di Kabupaten Kupang. Sesuai slogan Kerja, kerja dan kerja untuk dapat memperoleh hasilnya,” tandas orang nomor 2 di Kabupaten Kupang ini.

Tidak lupa Wabup Masneno ucapkan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Kupang yang terus mengikuti dan mendampingi masyarakat dalam pelaksanaan Musrenbang ini sehingga diharapkan kolaborasi dan dukungan dari Anggota DPRD dan Pemerintah ini dapat mengakomodir usulan program prioritas yang ditetapkan dan nantinya akan menjadi program kerja prioritas Pemda untuk tahun anggaran 2016 nanti. Saya berharap agar didalam pembahasan anggaran tahun 2016, mudah-mudahan didahului dengan penyamaan persepsi antara Pemerintah dan DPRD sehingga ada pola dasar untuk membangun dan mencapai kemajuan pembangunan Kabupaten Kupang yang searah, sepikir, selangkah. “Kita harus optimis mengatasi kekuarangan yang ada bersama-sama. Harus tepat antara obat dan masalah. Jangan orang demam dibuatkan jembatan, padahal orang tersebut membutuhkan obat,”. Untuk itu efektivitas pelaksanaan program penting untuk dilaksanakan. Solusi penyelesaian masalah jangka pendek dan panjang dibahas melalui Musrenbangcam ini. 

 

Kepala Bappeda Kabupaten Kupang Marthen Rahakbauw ungkapkan pelaksanaan Musrenbangcam di Kabupaten Kupang telah berjalan dengan baik sebagaimana mestinya dan secara simbolis akan ditutup di Kecamatan Kupang Barat. Tujuan pelaksanaanMusrenbangcam ini menurut Rahakbauw ialah untuk menjaring ususlan prioritas dari Kecamatan dan dibahas pada Forum SKPD awal maret nanti guna ditindaklanjuti pada Musrenbang tingkat Kabupaten Kupang pada Minggu ketiga Bulan Maret. Usulan yang menjadi skala prioritas ditingkat Kecamatan, akan dibahas di Musrenbang tingkat Kabupaten. “Tentu yang merupakan usulan paling prioritas saja yang akan di pilih pada Musrenbang Kabupaten untuk dibawa langsung ke tingkat Provinsi,” Ungkap Rahakbauw. Agenda lain yang merupakan kesatuan penting dalam penyelenggaraan Musrenbang ini ialah penetapan RKPD dan KUAPPS yang diuapayakan dapat tepat waktu sebelum tanggal 31 desember 2015. Untuk itu sangat diharapkan dukungan dari bp-ibu anggota Dewan untuk mengawal dan menindaklanjuti setiap usualan masyarakat sehingga dapat terealisasi.

Sementara itu Camat Kupang Barat Yesai Lanus mengatakan usulan prioritas di Kecamatan Kupang Barat terkait kekurangan tenaga guru sehingga banyak sekolah yang kesulitan menyelenggarakan KBM secara baik. Selain itu masyarakat meminta tenaga penempatan tenaga kesehatan khususnya tenaga gizi. Dibidang Ekonomi, masyarakat mengusulkan bantuan bibit dan peralatan pertanian rumput laut mengingat sebagaian masyarakat berprofesi sebagai petani rumpul laut. Selain itu, terkait dengan bidang infrastruktur, Lanus sampaikan usulan masyarakat terkait perbaikan dan perluasan jalan dibeberapa wilayah Kecamatan Kupang Barat yang rusak dan susah untuk diakses oleh masyarakat. Diharapkan Pemerintah dapat memperhatikan usulan masyarakat ini sehingga dapat terealisasi dengan baik. Sementara untuk Pemerintahan Umum, masyarakat meminta Bagian Tatapem dapat memperhatikan masalah pemekeran desa khususnya terkait dengan batas antar Desa, terutama yang baru dimekarkan. Lanus menegaskan bahwa apa yang disampaikan masyarakat ini merupakan usulan prioritas dan hasil diskusi bersama antara masyarakat, tokoh masyarakat dan pemerintah Desa dan Kecamatan lewat mekanisme Musrenbangdus dan Musrenbangdes yang sudah dilakukan Akhir januari dengan pendampingan Pemerintah Kecamatan.

 

 










Komentar Via Website : 113
Obat Usus Buntu Herbal
15 Mei 2015 - 10:36:07 WIB
Selamat pagi.. terimakasih atas beritanya, suksess selalu
http://obatherbalkankerhati.net/366/obat-usus-bu ntu-herbal/
Obat Darah Tinggi Alami
15 Mei 2015 - 14:43:31 WIB
Selamat siang, terimakasih atas semua info dan beritanya
http://obatherbalasma.com/67/obat-darah-tinggi-alami/
Obat asam lambung alami
22 Mei 2015 - 13:36:50 WIB
Selamat siang admin..
Jumaat barokah,terimakasih atas seputar beritanya
http://obatherbalasma.com/137/obat-asam-lambu ng-alami/


Ciri Ciri Penyakit TBC Kelenjar
02 Juni 2015 - 10:45:14 WIB
Semakin ke sini,semakin keren aja nih website nya admin,informasinya wow bikin saya merinding :D
Hal Yang Dapat Menyebabkan Wasir Saat Hamil
02 Juni 2015 - 10:47:09 WIB

Nah ini dia website yang selama ini saya tunggu tunggu,akhirnya saya temukan juga website yang sangat mengandung banyak manfaat di website anda ini
Obat Sarkoma Kaposi
02 Juni 2015 - 10:49:16 WIB
Ih,merinding deh baca artikel anda,ko bisa ya ada artikel sekeren ini
Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Dan Kebugaran
02 Juni 2015 - 10:50:45 WIB

Oh ternyata website yang di bilang keren temen saya itu,memang bener keren banget sih.2 jempol aja buat admin nya,tambah sukses ya :)
Obat Jantung Berdebar Untuk Ibu Hamil
02 Juni 2015 - 10:52:27 WIB

Selama kita masih punya tekad yang terpelihara dalam semangat,maka tiada kata terlambat untuk memulai sebuah awal tabf baru
Obat Kanker Leher Rahim Herbal
02 Juni 2015 - 10:54:41 WIB

Kesempatan adalah hadiah tuhan untuk usaha,sukses adalah syukurku pada tuhan untuk kesempatan itu
Riwayat Penyakit TBC
02 Juni 2015 - 10:56:30 WIB

Banyak yang menyerah ketika dia ingin mencapai inmpian,biarlah.asal jangan saya atau kamu :)
AwalKembali 123... 12 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)