INFORMASI UMUM

Dibuka secara resmi oleh Bupati Kupang Ayub Titu Eki

BPS KABUPATEN KUPANG SELENGGARAKAN SOSIALISASI PEMUTAKHIRAN DATA TERPADU

Beni Selan | Minggu, 24 Mei 2015 - 20:02:09 WIB | dibaca: 8907 pembaca

Bupati Kupang Pose bersama dengan Peserta Sosialisasi

BPS Kabupaten Kupang berkerjasama dengan Bappeda Kabupaten Kupang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pemutakhiran basis data terpadu (BPDT) bertempat diruang rapat Kantor Bupati Kupang Oelamasi dengan pesertanya yaitu para Camat, Tim koordinasi penanggulangan kemiskinan Kabupaten Kupang dan sejumlah anggota TNI-Polri dengn jumlah peserta 45 orang, Rabu (20/05-2015).
Sesuai laporan Kepala BPS Kabupaten Kupang Adi Manafe pemutakhiran basis data terpadu tersebut difokuskan pada kegiatan pendataan rumah tangga penerima program simpanan Keluarga Sejahtera, Program Indonesia Pintar dan program Indonesia Sehat yang digulirkan oleh Pemerintah dibawah kepimpinan Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Dikatakan kegiatan pendataan dilakukan 2 tahap dimana tahap pertamanya yaitu melakukan kegiatan rembug desa sebagai forum konsultasi public dan selanjutnya forum tersebut dapat menetapkan rumah tangga sasaran sebagai calon penerima program. Tahap kedua yaitu berupa kegiatan pendataan terhadap seluruh rumah tangga sasaran yang telah ditetapkan dalam forum konsultasi public tingkat desa.
Dijelaskan pula masyarakat yang dilibatkan dalam forum konsultasi public tingkat desa adalah para tokoh lokal mulai dari Kades/Lurah, Kepala dusun/Ketua RW, tokoh agama dan tokoh masyarakat termasuk Ketua RT. Melalui forum konsultasi public akan dievaluasi kembali data KK miskin yang ada selama ini dan tersebar di 160 desa dan 17 kelurahan di Kabupaten Kupang. Manafe menambahkan agar forum konsultasi ini berjalan efektif sesuai dengan tujuan yang ditetapkan maka pihak BPS Kabupaten Kupang telah merekrut 17 orang fasilitator guna menjalankan tugasnya memimpin jalannya diskusi pelaksanaan forum konsultasi public tingkat Desa. Ditegaskan pula, kegiatan pendataan rumah tangga sasaran sepenuhnya dilakukan oleh petugas yang berasal dari masyarakat dibawah koordinasi dan bimbingan Badan Pusat Statistik Kabupaten Kupang. Menurut Kepala BPS Kab. Kupang Manafe, data yang diperoleh nantinya akan dijadikan sebagai basis data terpadu yang digunakan oleh Pemerintah dalam melaksanakan upaya penanggulangan kemiskinan atau untuk mengimplementasikan pelaksanaan program simpanan keluarga, Program Indonesia Pintar dan program Indonesia sehat. Diharapkan tahun 2016 mendatang intervensi penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kupang dapat menggunakan data terbaru dari hasil kegiatan pemutakhiran basis data terpadu ini.
Sementara itu Bupati Kupang AYub Titu Eki saat membuka kegiatan sosialisasi pemutakhiran basis data terpadu (BPDT ) mengatakan sosialisasi ini sangat penting karena dapat menyamakan persepsi tentang penyelenggaraan basis data terpadu sebagaiaman yang diamanatkan Inpres No. 7 tahun 2015 tentang pelaksanaan program simpanan keluarga sejahtera, program Indonesia Pintar dan Program Indonesia sehat. Ia berharap data yang diperoleh benar-benar valid, objektif dan sesuai dengan kondisi nyata masyarakat. “Saya berharap upaya pembaharuan basis data ini dapat dipakai kapan saja, dimana saja. Data juga harus terbebas dari kepentingan-kepentingan pihak lain,” tegasnya. Dinyatakannya, seringkali ada pihak-pihak tertentu yang memanipulasi data tertentu untuk sebuah kepentingan. Oleh karena itu dirinya sangat berharap melalui pelaksanaan pemuktahiran basis data terpadu tahun 2015 yang akan dilaksanakan dari bulan mei-juni ini diperoleh kualitas data yang benar-benar valid dan dapat digunakan sebagai instrumen penyelenggaraan pembangunan.
       Kepada para peserta sosialisasi, Bupati Titu Eki mengharapkan dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini secara baik sehingga dapat mengimplementasikannya dalam pelaksanaan pemuktahiran basis data terpadu tahun 2015 ini. “Mari kita tingkatkan kepedulian kita bersama untuk menciptakan basis data terpadu yang berkualitas dan lebih dipercaya masyarakat,” Ajak Bupati Kupang 2 Periode ini.    
       Kegiatan sosialisasi ini juga diisi dengan pemaparan Materi oleh Kepala Badan Statsitik Kabupaten Kupang Adi Manafe terkait dengan manfaat dan pentingnya penyelenggaraan basis data terpadu, Kepala Bappeda Kabupaten Kupang Marthen Rahakbauw tentang peran TKPKD Kab. Kupang dalam upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kupang, Merancang Program SCR  yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.










Komentar Via Website : 514
Tips Diet Bagi Penderita Diabetes Melirus
28 Mei 2015 - 12:00:44 WIB
Kesempatan adalah hadiah tuhan untuk usaha,sukses adalah syukurku pada tuhan untuk kesempatan itu
Manfaat Mentimun Bagi Infeksi Lambung
28 Mei 2015 - 13:12:53 WIB

Banyak yang menyerah ketika dia ingin mencapai inmpian,biarlah.asal jangan saya atau kamu :)
Yoghurt Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
28 Mei 2015 - 13:16:05 WIB
Berita yang anda sajikan sunggu membuat saya terkagum kagum membaca nya,sukses terus bagi admin web ini
Obat Kanker Leher Dan Kepala
28 Mei 2015 - 13:19:39 WIB

Hormati setiap impian yang kamu miliki.Karna dari sanalah akan terbentuk semangat untuk mewujudkan impian menjad kenyataan
Cara Mengobati Fibroid
28 Mei 2015 - 13:22:31 WIB
Bagi bapak atau ibu admin web yang menyajikan banyak informasi ini,kami menunggu berita terbaru dari web yang ber kualitas ini
Kacang Kacangan Baik Bagi Penderita Diabetes
28 Mei 2015 - 13:24:01 WIB
Wow keren banget web nya,sampai sampai membuat betah bagi pembaca nya,bermanfaat sekali :)
Obat Benjolan Lemak
28 Mei 2015 - 13:28:45 WIB
Sudah banyak web yang saya baca dan saya amati,tapi tidak semua web dapat membuat saya terkagum kagum seperti memebaca berita dari website anda
Obat Benjolan Lemak
28 Mei 2015 - 13:30:07 WIB
Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak admin website yang saya baca ini,karena di dalam website ini saya banyak mengetahui informasi informasi yang saya tidak ketahui sebelum nya
AwalKembali 123... 52 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)